^INI SEMUA UNTUK MENYENANGKAN HATI NABI MUHAMMAD SAW^;

Friday 15 July 2011

Biografi Imam Hambali

Imam Ahmad Hambali adalah Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hambali bin Hilal Al-Syaibani. Beliau dilahirkan di Baghdad pada Robiul Awal tahun 164 H ( 780 M ). 
Ahmad bin Hambali dibesarkan dalam keadaan yatim oleh ibunya, karena ayahnya meninggal  ketika beliau masih bayi. Sejak kecil beliau telah menunjukan sifat dan pribadi yang mulia, sehingga menarik simpati banyak orang. Dan sejak kecil itu pula beliau telah menunjukan minat yang besar pada ilmu pengetahuan, kebetulan pada saat itu Baghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan. Beliau memulai dengan belajar menghafal Al-Qur’an, kemudian belajar bahasa Arab, Hadits, sejarah nabi dan sejarah sahabat serta para tabi’in. 


Untuk memperdalam ilmu, beliau pergi ke Basrah untuk beberapa kali, di sanalah beliau bertemu dengan Imam Syafi’i. Beliau juga pergi  menuntut ilmu ke Yaman dan Mesir. Di antara guru beliau yang lain adalah Yusuf Al-Hasan bin Ziad, Husyaim, Umair, Ibnu Humam dan Ibnu Abbas. Imam Ahmad bin Hambali banyak mempelajari dan meriwayatkan hadits, dan beliau tidak mengambil hadits, kecuali hadits-hadits yang sudah jelas  sahihnya. Oleh karena itu, akhirnya beliau berhasil mengarang kitab hadits, yang dikenal dengan nama Musnad Ahmad Hambali. Beliau mulai mengajar ketika berusia empat puluh tahun. 
Pada masa pemerintahan Al-Muktasim – Khalifah Abbasiyah beliau sempat di penjara, karena sependapat dengan opini yang mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Beliau di bebaskan pada masa Khalifah Al-Mutawwakkil. 
Imam Ahmad Hambali wafat di Baghdad pada usia 77 tahun, atau tepatnya pada tahun 241 H ( 855 M ) pada masa pemerintahan Khalifah Al-wathiq. Sepeninggal beliau, mazhab Hambali berkembang luas dan menjadi salah satu mazhab yang memiliki banyak penganut.

Komentar :

ada 0 comments ke “Biografi Imam Hambali”

Post a Comment